Selasa, 03 April 2012

Awas!! Virus menyerang Blog anda!!

Kejadian ini baru saja menimpa Blog saya, tepatnya di laman Daftar Isi Blog saya ini. Saat saya membuka laman tersebut tiba-tiba muncul notifikasi malware
contohnya seperti gambar di bawah.



Ternyata scrip yang ada di laman saya tersebut terdapat situs yang diketahui membawa software  yang bervirus, padahal selama saya pakai daftar isi dari situs tersebut, saya belum pernah menemukan gangguan, baru kali ini saya temukan. Jadi terpaksa daftar isi dari situs itu saya hapus dan saya ganti dengan daftar isi dari situs lain.

Nah kali ini saya akan bagi kepada sobat mengenai apa itu virus Blog akibatnya bagi Blog dan bagaimana cara mengatasinya. Langsung aja ke TKP!

Virus Blog adalah virus yang dibawa oleh blog (halaman blog) berupa script-script yang sudah terjangkit virus atau terdefinisi sebagai virus. Saat kita membuka halaman blog akan muncul notifikasi mengenai virus yang terdeteksi. Dalam hal ini yang dilakukan antivirus adalah memblokir script (hanya script), bukan memblokir halaman web yang kita buka.

Akibat yang ditimbulkan :
  • Halaman web tidak akan tertampil sempurna (bahkan bisa diblokir).
  • Pengunjung enggan mengunjungi blog anda (makanya demi menjaga nama baik, blog yang saya maksud tidak saya cantumkan) sehingga Blog anda menjadi sepi...
  • Merugikan pengunjung yang tidak tahu, jelas karena artinya komputer jadi ikut-ikutan kena virus. Artinya tentu saja anda jadi agen penyevar virus walau pastinya anda tidak sengaja.
Cara mengatasinya :
  • Kalau itu dari iklan yang dipasang, lihat link yang menuju alamat script yang terdeteksi virus, hapus jika memang itu perlu dihapus
  • Kalau itu dari theme, silahkan buka entah itu PHP, CSS, HTML, JAVA dari file theme. Cari link menuju scritpt, kalau perlu hapus saja.
  • Kalau itu berasal dari plugins yang anda pasang dalam blog, deactive pluginsnya.
  • Jika terdapat situs yang terjangkin virus dalam scrip, hapus link situ itu bila perlu
Saran saya agar Blog anda tidak terinfeksi virus :
  • Jangan memasang iklan sembarangan, pastikan script-script yang dimasukkan dalam kode (HTML, CSS, PHP, JAVA) bersih, ada baiknya test terlebih dahulu dengan download semua script yang digunakan oleh iklan.
  • Teliti memasang theme, sebelum memasang theme ada baiknya dicoba di local computer.
  • Hati-hati pasang plugins, ada baiknya dicoba offline terlebih dahulu. Mencoba secara offline juga berguna siapa tahhu dalam plugins ada eror, bisa-bisa web anda suspended.
Ada 2 cara untuk mengetahui apakah Blog anda terinfeksi virus atau tidak.
Cara pertama, menggunakan layanan milik google
Google menyediakan layanan yang kebanyakan blogger belum tahu, atau mungkin saya yang ketinggalan zaman, heheee. Caranya copy link berikut di address bar Anda.
 

http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://fharhiyedh.blogspot.com/

Ganti tulisan merah dengan situs kepunyaan Anda, kemudian enter. Contoh hasilnya akan seperti di bawah ini, maaf jika kurang jelas. 


Cara ke dua, pakai bantuan URLVoid 

URLVoid akan membantu Anda scan blog Anda apakah memiliki hal yang mencurigakan atau tidak. Caranya kunjungi http://www.urlvoid.com/ kemudian masukkan alamat situs Anda.



Nah sekian dulu informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi sobat Blogger semua.


sumber : dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 taktektok Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates